Determinan Keputusan Pembayaran Zakat Muzakki Milenial Berbasis Fintech
DOI:
https://doi.org/10.53276/eligible.v2i2.105Keywords:
Kepercayaan; Transparan; Literasi: Muzakki MilenialAbstract
Tujuan penelitian ini ingin memberikan bukti empiris pengaruh kepercayaan, transparansi, dan literasi terhadap keputusan pembayaran online Zakat generasi milenial berbasis financial technology pada masa pandemi covid 19. Metode kuantitatif yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini dengan menjadikan masyarakat di ibu kota DKI Jakarta yang beragama Islam sebagai populasi. Probability sampling dan rumus slovin digunakan untuk menentukan jumlah 100 responden sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data primer menggunakan google form sebagai penyebaran kuesioner. Didapatkan hasil empiris bahwa Kepercayaan generasi milenial berpengaruh positif terhadap keputusan membayar Zakat online, sedangkan transparansi dan literasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan membayar Zakat online. Hasil penelitian ini berdampak meningkatkan citra dan kredibilitas pembayaran Zakat secara online dengan menggunakan platform. Serta bagi institusi Badan Amil Zakat untuk memberikan edukasi/literasi kepada generasi muda pembayaran Zakat online agar penghimpunan Zakat secara digital dapat meningkat secara signifikan.
References
Canggih, C., & Indrarini, R. (2021). Apakah Literasi Mempengaruhi Penerimaan Zakat? JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), XI(1), 1–11.
Hasanah, U. (2020). Analisis Potensi Penerimaan Zakat Melalui E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Social Finance Management, 2(1), 122–134. https://doi.org/10.24952/jisfim.v2i1.3925
Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Lutfi Mustofa, M. T. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156
Kharisma, P., & Jayanto, P. Y. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan E-Zakat dalam Membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 47–56. https://doi.org/10.31942/akses.v16i1.4471
Mais, R. G., & Hastuti, D. D. (2023). Profitability and zakat payment : The role of firm size. JRMB Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 33–40.
Mais, R. G., Munir, M., Muchlis, S., & Afifah, R. (2022). Pemahaman Nilai-Nilai Dasar Akuntansi Syari’ah dan Komunikasi Pedagang dalam Transaksi Jual-Beli. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 10(2), 99–110. https://doi.org/10.35836/jakis.v10i2.339
Mais, R. G., Sukoharsono, E. G., Rahman, A. F., & Mulawarman, A. D. (2019). Concept of Corporate Social Responsibility According to Perspective of Ihsan on Sharia Banking. ATLANTIS PRESS, 73, 178–181. https://doi.org/10.2991/aicar-18.2019.38
Maulidina, I. H., & Solekah, N. A. (2020). Anteseden Perilaku Membayar Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional di Lumajang. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 235. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v8i2.8193
Muchlis, S., Mais, R. G., & Hartono, A. (2022). Manajemen Keuangan Berbasis Penerapan Nilai-Nilai Profetik. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2(1), 1–21.
Munir, M., Muchlis, S., & Mais, R. G. (2022). Perwujudan good village governance: Perspektif muraqabah dalam Islam. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(2), 109–124. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i2.594
Muzaki, K., Upah, P., Non, D. A. N., & Upah, P. (2022). JURNAL FAIR VALUE. 4(6), 2628–2648.
Noviyanti dan Erawati. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 6.
Pertiwi, I. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Literasi Zakat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pada Baznas Provinsi Lampung. BAZNAS Provinsi Lampung. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9.
Rostiana, S. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Muslim Milenial Dalam Membayar Zakat Secara Online Melalui Platform Fintech (Studi Empiris pada Muzaki Milenial di Wilayah Jabodetabek). 1–171.
Wiharjo, et al. (2019). No Titיליle. Persepsi Penggunaan Zakat Online Di Indonesia, 6(2), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Munir Munir, Rimi Gusliana Mais
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ELIGIBLE : Journal of Social Sciences is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This means, under the CC-BY 4.0 license the author(s) allow, permitted, and encouraged to:
- The others to share and adapt the work (the material and the content of publications);
- Enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book)
- Post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The users of ELIGIBLE : Journal of Social Sciences are required to cite the original source, including the author's names, ELIGIBLE : Journal of Social Sciences as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI).