Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin memberikan bukti empiris pengaruh kepercayaan, transparansi, dan literasi terhadap keputusan pembayaran online Zakat  generasi milenial berbasis financial technology pada masa pandemi covid 19. Metode kuantitatif yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini dengan menjadikan masyarakat di ibu kota DKI Jakarta yang beragama Islam sebagai populasi. Probability sampling dan rumus slovin digunakan untuk menentukan jumlah 100 responden sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data primer menggunakan google form sebagai penyebaran kuesioner. Didapatkan hasil empiris bahwa Kepercayaan generasi milenial berpengaruh positif terhadap keputusan membayar Zakat online, sedangkan transparansi dan literasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan membayar Zakat online. Hasil penelitian ini berdampak meningkatkan citra dan kredibilitas pembayaran Zakat secara online dengan menggunakan platform. Serta bagi institusi Badan Amil Zakat untuk memberikan edukasi/literasi kepada generasi muda pembayaran Zakat online agar penghimpunan Zakat secara digital dapat meningkat secara signifikan.

Keywords

Kepercayaan; Transparan; Literasi: Muzakki Milenial

Article Details

How to Cite
Munir, M., & Mais, R. G. (2023). Determinan Keputusan Pembayaran Zakat Muzakki Milenial Berbasis Fintech. Eligible : Journal of Social Sciences, 2(2), 287–296. https://doi.org/10.53276/eligible.v2i2.105

References

  1. Canggih, C., & Indrarini, R. (2021). Apakah Literasi Mempengaruhi Penerimaan Zakat? JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), XI(1), 1–11.
  2. Hasanah, U. (2020). Analisis Potensi Penerimaan Zakat Melalui E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Social Finance Management, 2(1), 122–134. https://doi.org/10.24952/jisfim.v2i1.3925
  3. Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Lutfi Mustofa, M. T. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156
  4. Kharisma, P., & Jayanto, P. Y. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan E-Zakat dalam Membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 47–56. https://doi.org/10.31942/akses.v16i1.4471
  5. Mais, R. G., & Hastuti, D. D. (2023). Profitability and zakat payment : The role of firm size. JRMB Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 33–40.
  6. Mais, R. G., Munir, M., Muchlis, S., & Afifah, R. (2022). Pemahaman Nilai-Nilai Dasar Akuntansi Syari’ah dan Komunikasi Pedagang dalam Transaksi Jual-Beli. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 10(2), 99–110. https://doi.org/10.35836/jakis.v10i2.339
  7. Mais, R. G., Sukoharsono, E. G., Rahman, A. F., & Mulawarman, A. D. (2019). Concept of Corporate Social Responsibility According to Perspective of Ihsan on Sharia Banking. ATLANTIS PRESS, 73, 178–181. https://doi.org/10.2991/aicar-18.2019.38
  8. Maulidina, I. H., & Solekah, N. A. (2020). Anteseden Perilaku Membayar Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional di Lumajang. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 235. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v8i2.8193
  9. Muchlis, S., Mais, R. G., & Hartono, A. (2022). Manajemen Keuangan Berbasis Penerapan Nilai-Nilai Profetik. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2(1), 1–21.
  10. Munir, M., Muchlis, S., & Mais, R. G. (2022). Perwujudan good village governance: Perspektif muraqabah dalam Islam. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(2), 109–124. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i2.594
  11. Muzaki, K., Upah, P., Non, D. A. N., & Upah, P. (2022). JURNAL FAIR VALUE. 4(6), 2628–2648.
  12. Noviyanti dan Erawati. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 6.
  13. Pertiwi, I. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Literasi Zakat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pada Baznas Provinsi Lampung. BAZNAS Provinsi Lampung. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9.
  14. Rostiana, S. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Muslim Milenial Dalam Membayar Zakat Secara Online Melalui Platform Fintech (Studi Empiris pada Muzaki Milenial di Wilayah Jabodetabek). 1–171.
  15. Wiharjo, et al. (2019). No Titיליle. Persepsi Penggunaan Zakat Online Di Indonesia, 6(2), 1–9.