Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dan Mega Influencer Terhadap Pemilihan Brand Sebuah Produk

Authors

  • Vivi Varlina Universitas Pertamina, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-2986-1010
  • Ni Luh Made Yani Universitas Pertamina, Indonesia
  • Gusti Ayu Kadek Candra Oktaviani Maha Dewi Universitas Pertamina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53276/eligible.v2i1.57

Keywords:

Media Sosial, Influencer Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Saat ini perusahaan melakukan berbagai strategi kreatif untuk meningkatkan minat beli konsumen. Terpaan iklan melalui YouTube dan pemanfaatan influencer marketing merupakan salah bentuk komunikasi pemasaran yang diminati di era digital. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pengaruh media sosial dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Pantene pada Generasi Z dengan rentang usia 18-24 tahun.  Peneliti menggunakan konseptualisasi media sosial dan influencer marketing dalam empat indikator yang meliputi authenticity, brand fit, community, dan content. Pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan 100 responden yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa terpaan iklan melalui Youtube dan pemanfaatan influencer marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pantene. Konten iklan yang kreatif dan karakteristik influencer turut berkontribusi positif terhadap pemilihan merek sebuah produk.

References

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13-23.

Backaler, J. (2018). Digital Influence. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78396-3

Chopra, Anjali., Avhad, Vrushali., and Jaju, Sonali. (2021). Influencer Marketing: An Exploratory Study to Identity Antecedents of Consumer Behavior of Millennial. Business Perspective and Research 9(1). Sage.

Digital 2022: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. (2022, February 15). DataReportal – Global Digital Insights.

DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Geyser, Werner. (2022). What is influencer marketing? - The ultimate guide for 2022. Influencer Marketing Hub. [Blog]. March 2nd. https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing/#toc-0

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Grafström, J., Jakobsson, L., & Wiede, P. (2018). The impact of influencer marketing on consumers' attitudes.

Hanifah, H., Sutedja, A., & Ahmaddien, I. (2020). Pengantar Statistika. CV WIDINA MEDIA UTAMA

Harahap, A. T. M., Pradekso, T., & Santosa, H. P. (2021). Hubungan Terpaan Iklan Youtube dan Terpaan Influencer marketing di Instagram pada Kampanye# EminaBeautyBestie dengan Keputusan Pembelian Rangkaian Produk Emina Bright Stuff Series. Interaksi Online, 9(3), 14-26.

Janna, N. M., & HERIANTO, H. (2021, January 22). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Jarrar, Y., Awobamise, A. O., & Aderibigbe, A. A. (2020). Effectiveness of influencer marketing vs social media sponsored advertising. Utopía y praxis latinoamericana: revista internacional de filosofía iberoamericana y teoría social, (12), 40-54.

Kaplan, Andres. Haenlein, Michael. (2010). User Of The World. Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas Jilid I, terj. Bob Sabran, MM, Erlangga, Jakarta.

Kotler P., (2018) Principles of Marketing : Global Edition, 17th. United Kingdom : Pearson.

Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of dig- ital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of Marketing, 80(6), 146–172.

Novi, T. H. & Alexander, W. Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal EKSEKUTIF Volume 15 (133-146)

Simanullang, P. E. (2019). Public Relations Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Niagawan, 8(2), 108-112.

Weinswig, D. (2016, October 5). Influencers Are The New Brands. Forbes. https://www.forbes.com/sites/deborahweinswig/2016/10/05/influencers-are-the-new-brands/

Wells, W, Moriarty, M & Burnett, J. (2006). Advertising Principles & Practice 7th Edition, Pearson Prentice Hall: New Jersey.

Downloads

Published

14-02-2023

How to Cite

Varlina, V., Made Yani, N. L. ., & Candra Oktaviani Maha Dewi, G. A. K. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dan Mega Influencer Terhadap Pemilihan Brand Sebuah Produk. Eligible : Journal of Social Sciences, 2(1), 193–208. https://doi.org/10.53276/eligible.v2i1.57

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.